'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Sejarah 'Aisyiyah di Purworejo
Home » Sejarah

Organisasi ( Persyarikatan Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo berdiri pada tahun 1938 di Kampung Bokongan, Desa Sidorejo, Kecamatan Purworejo, Kabupaten Purworejo.

Ideologi Muhammadiyah pada awalnya dikenalkan oleh Bapak K.H.  Amir, putra Bapak K.H. Djalal Suyuti dari Bokongan. K.H. Amir pernah tinggal di Arab Saudi ± 23 tahun, kemudian pulang ke Indonesia dan bertempat tinggal di Yogyakarta.

          Pada setiap kunjungannya ke rumah orang tuanya di Purworejo, selalu disapaikan Ideologi Muhammadiyah kepada orang tua dan keluarganya, sehingga akhirnya disepakati untuk didirikan Persyarikatan Muhammadiyah. Seiring dengan berjalannya kegiatan dakwah perintisan dilanjutkan di Desa Aglik, Kecamatan Grabag Kabupaten Purworejo yang diprakarsai oleh Bapak K.H. Thoha ( putra menantu dari Bapak K.H. Djalal Suyuti) bersama Bapak Nawawi.

          Kegiatan Muhammadiyah juga diikuti oleh  ibu-ibu. Karena pengikut kegiatan semakin lama semakin banyak maka didirikan Organisasi Aisyiyah (menyesuaikan organisasi induk Pimpinan Pusat) pemrakarsanya  Ibu. Sin Hajiyah, istri dari Bapak K.H. Thoha (putri bungsu Bapak K.H. Djalal Suyuti).

Shared Post: