'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Tim SSR TB-HIV Care Aisyiyah Purworejo Peduli Covid-19 pada saat TB Day
23 April 2020 20:29 WIB | dibaca 96

Purworejo – 22-4-2020. Tim SSR TB-HIV Care ‘Aisyiyah Purworejo pada hari Rabu tanggal 22 April 2020, telah mentasarufkan bantuan peduli covid-19 kepada pedagang kaki lima, pasien TBC dan lingkungan pasien TBC yang terdampak covid 19 di beberapa kecamatan di Purworejo.

Menghadapi situasi wabah Covid-19 yang demikianberat, membuka kepedulian dari Tim SSR TB-HIV Care ‘Aisyiyah Purworejountuk berdonasi kepada terutama pasien-pasien TB-HIV di purworejo. Untuk itu maka kami ikut andil dalam pentasarufan berupa tambahan nutrisi dalam bentuk sembako kepada mereka yang sangat terdampak Covid19 dengn sasaran adalah pedagang kaki lima, pasien TBC dan lingkungan pasien TBC yang terdampak covid-19. Jumlah paket yang ditasyarufkan sebanyak 30 paket yang akan dibagi di 2 kecamatan yaitu Bener dan Purworejo, demikian dijelaskan Kepala SSR TB-HIV Care ‘Aisyiyah Purworejo, ibu Siti Nurhayati. 

Kegiatan tasyaruf TB Day SSR Purworejo dilaksanakan di dua kecamatan yaitu Kec. Bener dan Kec. Purworejo. Dua kecamatan dibagi menjadi 1 kelurahan dan 2 desa, yaitu kelurahan Baledono,Purworejo, desa Sukowowoh dan desa Ketosari kecamatan Bener. Sebanyak 30 paket sembako dibagikan kepada pasien tbc,  lingkungan pasien, pedagang kaki lima dan masyarakat yang terdampak covid 19.

Kegiatan dengan tema “bersama menuju eliminasi tb dan melawan covid-19” ini terselenggara atas kerjasama Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah, Tim SSR TB HIV Care Aisyiyah Purworejo dengan Lazismu, Tim MCC Purworejo dan salah satu AUM yaitu SD Muhammadiyah Purworejo.

Kegiatan ini dimulai dengan assesment kepada masyarakat, agenda ini dilaksanakan agar bantuan yang diberikan dapat tepat sasaran. Assesment memberikan gambaran kepada kita mana mana saja masyarakat yang memerlukan bantuan. Data yang diperoleh membantu Tim SSR dalam melakukan tasyaruf bantuan.

Edukasi terkait TBC dan covid menjadi bagian dri TB Day ssr purworejo. Tim SSR dan kader melakukan edukasi kepada masyarakat dengan leaflet yang sudah tersedia.

  Materi yang disampaikan meliputi pengertian TB, gejala TB, cara pencegahan dan lain lain, sedangkan untuk covid, materi yang disampaikan meliputi        pengertian covid, bagaimana penularan covid, bagaimana pencegahan agaf tidak tertular, cara cuci tangan pakai sabun, cara penggunaaan masker, dan    menyampaikan doa agar terhindar dari penyakit.

Shared Post: