'Aisyiyah

Gerakan Perempuan Muslim Berkemajuan

Berita
Kab. Purworejo tanggap siaga kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan
13 Maret 2020 06:22 WIB | dibaca 102

Purworejo – 11-3-2020. Pimpinan Daerah `Aisyiyah (PDA) Kabupaten Purworejo mengikuti kegiatan Pengembangan Desa Siaga Aktif Tingkat Kab. Purworejo yang digelar pada Rabu, 11 Maret 2020 di Kedai Makan Satu satu Purworejo, yang diikuti oleh dinas instansi terkait dan ormas keagamaan Kab. Purworejo.

Rapat dibuka oleh Kabid DKPKK Dinas Kesehatan Kabupaten Purworejo, drg. Ekowati Kadiyati. Dilanjutkan paparan dari Bidang Promkes Dinas Kesehatan Prov. Jawa Tengah, bpk. Edi yang menyampaikan tentang Desa Siaga yakni suatu kondisi masyarakat desa yang memiliji kesiapan sumber daya potensi dan kemampuan mengatasi masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan kesehatan secara mandiri.  Bahwa komponen utama Desa Siaga adalah Poliklinik Kesehatan Desa (PKD), Forum Kesehatan Desa (FKD), Pemberdayaan Masyarakat (gotong royong), Upaya kesehatan, Survailan, Pembiayaan Kesehatan. Program Desa Siaga yang sudah dicanangkan oleh Presiden mulai tahun 2010, masih banyak kendala dikarenakan komponen pembiayaan. Untuk itu dari Pemerintah Kabupaten dalam hal ini dari Permades untuk dapat kolaborasi menganggarkan dari Dana Desa yang saat ini dananya sangat besar, pungkasnya.

Dari Kepala Dinas Permades, bpk. Basuki sangat menyambut gembira program tersebut dalam memberdayakan dana desa yang ada, karena sebagian desa masih belum maksimal dalam menggunakan anggaran yang sesuai peruntukannya. Dengan aturan dari yang terdahulu sebagian besar untuk infrastruktur, dan bahwa yang sekarang dana desa ditekankan pada anggaran pemberdayaan desa, maka sangat mendukung program ini, ungkapnya.

Rapat dilanjutkan dengan penyusunan revisi Tim Program Desa Siaga Kab. Purworejo, sedangkan dari ormas keagamaan masuk dibidang PHBS. Rapat diakhiri dengan penyusunan rencana tindak lanjut program Desa Siaga Kab. Purworejo.

Shared Post: